BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Jumat, 05 Juni 2009

PAIRING .... OH .... PAIRING .......

Telkomvision adalah satu dari beberapa operator pay tv di Indonesia, seperti Indovision, Aora, IM2 dan Almarhum Astro, Cuma di telkomvision perangkat beli sendiri (tidak dipinjamkan) dan pembayaran tidak terikat biaya bulanan karena pake system vocer, ya… kayak Hp gitu, isi vocer nongol siaran premium sebulan gak isi vocer ya … gak ada siaran premium, Cuma siaran kayak receiver biasa (FTA), dan nilai vocernya beragam sesuai jumlah siaran yang di beli, lengkapnya di www.telkomvision.com. 
Nah … akhir April 2009 kemarin Telkomvision melakukan Program Pairing, maksudnya supaya siaran Telkomvision cuma bisa diterima sama perangkat dan software rekomendasi telkomvision, yaitu pake Receiver Dizipia DS3300IR atau Tanaka, nah yang jadi masalah kalo pake receiver yang udah rekomendasi telkomvision, yaitu Dizipia, tapi software nya udah di ganti (biasanya pake sw Golden interstar atau Manhattan biar bisa input key, blind scan dan juga bisa home sharing) bakalan kena Pairing juga, soale software e uwis di ganti, walah-walah la wong receiver punyaku kok, ya … sekarepku, mau kuganti softwarenya ya … suka-suka ku, tapi … tapi lho …. Itukan pandangan pribadi, kalo dari sudut pandang Telkomvision kan beda, mungkin … ini mungkin lho, Telkomvision beranggapan banyak diantara pelanggannya menggunakan Receiver diluar dari yang direkomendasikan Telkomvision, seperti misalnya pake manhattan tapi card nya Telkomvision.
Pada saat pairing awalnya Cuma 5 siaran yang terkena pairing, HBO, Star Movie, ESPN, National Geographic Channel dan Cartoon Network, tapi diawal Mei 2009, Telkomvision melakukan pairing total semua channel telkomvision, alhasil semua chanel telkomvision diluar dari Receiver Dizipia Dan Tanaka plus software asli telkomvision bakalan blank alias gak ada siaran biarpun masa aktif vocer masih ada, termasuk aku sendiri yang terkena dampak pairing, blank alias scramble alias diacak, he..he..he… gara-gara dizipia yang kupake udah ganti sw jadi Golden Interstar yang bisa home sharing dan input key (buat siaran yang di Yamal 202 sih …).
Pasca pairing, receiver Cuma bisa terima siaran FTA (Free To Air), dan sempet emosi juga sih awalnya … udah call C. Carenya Telkomvision, via email juga, tapi ya … itu tadi gak ada jalan keluar, Cuma dari CC nya telkomvision bilang “Selamat Anda Mendapatkan Bonus Pairing, Selamat Menikmati Siaran Blank Telkomvision” ….. enggak deh Cuma dikasik tau kalo kena BOX PAIRING, dalam artian Receiver yang digunakan tidak standard Telkomvision, alias bukan Dizipia atau Tanaka dan softwarenya bukan software original telkomvision, atau Receiver Dizipia pake software original telkomvision tapi sebelumnya pernah ganti software (JTAG), jadi siarannya Blank.
Nah … gimana jalan keluarnya, telkomvision melalui dealernya menawarkan solusi kalo receiver dikirim ke dealer terdekat, yaitu ke Medan, tapi receiverku cuma atu-atunya jadi kalo dikirim bisa gak nonton termehek-mehek deh istriku si boru Tompul, apalgi kalo malem fans beratnya Bukan Empat Mata Mr. Tukul Arwana. Akhirnya kutolak tawaran telkomvision karena dealernya pun ragu-ragu dengan permasalahan yang ada, dan juga karena aku yakin kawan-kawan dan senior-senior di Forum Satelit (www.forumsatelit.com) cepat atau lambat bakal memecahkan pairing telkomvision. Dan bagi yang hoby dunia persatelitan wajib kuliah di www.forumsatelit.com.
Pairing terpecahkan, lewat suhu-suhu dunia persatelitan di Forum Satelit (kalo aku anggota Forsat yang belum bisa ngasih solusi), program pairing telkomvision bisa diatasi dengan back to original software punya telkomvision plus ganti Ic eeprom (24c16) yang ada di dizipia dengan ic eeprom (24c16) yang udah di isi file bin dari eeprom dizipia yang masih perawan (belum ganti software), caranya ya .. bisa pake icprog ataupun ponyprog … tapi sayang aku kagak ngerti skema pembuatan kabel buat ic downloadernya, soalnya ampun deh kalo masalah elektonika. Akhirnya jalan keluarnya ya … pesen ic yang udak diisi program untuk telkomvision, walaupun programnya atau file bin yang dimasukin cuma 2 kb, tapi tanpa itu siaran telkomvision gak bakalan terbuka.
Dan ….. setelah seminggu nunggu kiriman ic eeprom dari rekan Forsat, bro. Edoezha yang ada di Lumajang Jawa Timur, Senin kemarin (01 Juni 2009) datang deh kiriman bro. Edoezha yang berisi dua ic eprom 24c16 yang kecil/ori sama satu ic Atmel 24c16 untuk jaga-jaga kalo ic yang dua rusak. Tinggal selanjutnya ganti ic eprom dizipia sama ic yang udah isi file bin original telkomvision. Tapi …… masalahnya aku gak bisa nyolder, ampun lagi deh …… dan untungnya ada bro. Romandika (www.romandika.blogspot.com) yang jago urusan elektronik dan untungnya lagi (gak pernah rugi kalie … untung terus he..he..he..) dia ada di lokasi, biasanya sering dinas luar, lagi super sibuk … dan eit … operasi selaput dara eh…. Operasi pengembalian Dizipia sukses dalam waktu kurang dari 3 menit, tinggal dicoba receivernya, dan waktu dihidupin, Alhamdulillah E-38 di chanell QTV dah hilang alias QTV dah clear … dan itu tanda-tanda kalo dizipiaku dak OK, karena chanell yang lain scramble karena belum di isi vocernya. Malam itu juga kucoba isi vocer Dunia Anak (siangnya dah beli vocer duluan), dan cling …. Kurang dari 1 menit setelah kirim sms, muncul deh Cartoon Network, Nicelodeon, Disney Channel dan Playhouse Disney.
After all, setelah satu bulan Telkomvision hilang dari hari-hariku, terutama anakku yang paling suka nonton Cartoon Network, sekarang udah clear siarannya, padahal sebelumnya hampir dah mau talak tiga telkomvision, karena sebelumnya udah hubungi Okevision, paytv anakan dari Indovision alias paket hematnya untuk nanya prosedur pemasangan, dan katanya dah bisa pemasangan seluruh Indonesia. Dan sebelum jadi pindah ke lain hati … Telkomvision nya udah clear, jadi sementara Okevision gak jadi deh ……

Thx To :
1.  www.forumsatelit.com
2.  Suhu dan Senior Forsat atas pencerahannya
3.  Bro. Edoezha lumajang Jawa Timur atas kiriman IC nya
4. Bro. Boy Rachman atas dukungan nya (nyang beli kabel JTAG ma IC)
 
5. Bro. Romandika dokter elektroniknya
6. Dan rekan-rekan di Bandara dan Meteorologi Aek Godang


Pairing … oh … Pairing ….




0 komentar: